DPR - Dewan Perwakilan Rakyat

01/16/2021 | News release | Distributed by Public on 01/17/2021 01:00

Pemerintah Harus Perhatikan Korban Bencana di Berbagai Daerah

Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin. Foto : Andri/Man

Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin meminta pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Sosial, TNI dan Polri dapat memperhatikan seluruh wilayah di Indonesia yang tertimpa bencana sebagai dampak dari cuaca ekstrem. Azis mengingatkan agar jangan sampai hanya fokus di satu wilayah saja, sementara daerah lain tidak ter-cover.

Beberapa bencana yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia diantaranya gempa bumi di Majene, Sulawesi Barat, tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat, banjir di Kalimantan Selatan, dan lainnya. 'Jangan sampai pemerintah hanya fokus satu titik daerah saja di Majene, namun daerah lain yang mengalami musibah akibat cuaca ekstrem dan memerlukan bantuan tidak ter-cover seperti di Sumedang, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, dan daerah lainnya,' kata Azis dalam siaran pernya, Sabtu (16/1/2021).

Politisi Partai Golkar itu mengatakan masih banyak aspirasi masyarakat yang mengeluh tidak mendapatkan bantuan. Bahkan, masyarakat sampai harus meminta untuk kebutuhan pokok makan. Ia menjelaskan hal itu seperti yang terjadi pada musibah banjir di Kabupaten Banjar dan Tanah Laut, Kalimantan Selatan. 'Pemberian bantuan harus merata dari hulu ke hilir,' tegas Azis.

Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) itu mengingatkan, warga yang menjadi korban bencana tersebut membutuhkan berbagai bantuan dari pemerintah. Pasalnya, perekonomian di wilayah yang menjadi bencana menjadi lumpuh.

'Mereka membutuhkan makanan, pakaian, dan obat-obatan untuk kebutuhan keseharian karena ekonomi lumpuh. Jangan sampai karena kendala keterbatasan alat dan akses petugas tidak memberikan bantuan,' tandas Azis. (es)