DPR - Dewan Perwakilan Rakyat

10/20/2019 | News release | Distributed by Public on 10/20/2019 20:54

Bonus Demografi Perlu Didukung SDM Unggul

Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Hillary Brigitta Lasut. Foto : Erman/mr

Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Hillary Brigitta Lasut menyampaikan selamat bekerja kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin untuk menjalankan roda pemerintahan Indonesia masa jabatan 2019-2024. Menurutnya, sejumlah persoalan sosial maupun ekonomi dan tantangan lainnya telah menanti pemerintahan Jokowi periode kedua.

Anggota DPR RI termuda ini menuturkan, setelah infrastruktur, Pemerintah perlu memasuki tahapan berikutnya, yaitu investasi Sumber Daya Manusia (SDM). Momentum bonus demografi harus dimanfaatkan secara optimal. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia menuju SDM unggul.

'Memang di periode pertama Presiden Jokowi semua difokuskan kepada pemerataan infrastruktur. Itu semua ada perkembangan yang cukup signifikan jika dibandingkan pemerintahan sebelumnya, tetapi kita juga melihat pengembangan sumber daya manusia perlu ditingkatkan,' kata Hillary di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Hillary menambahkan, bonus demografi yang akan memasuki puncaknya pada tahun 2030 perlu didukung dengan sistem pendidikan yang memadai sejak dini. Oleh karena itu, sektor pendidikan vokasi serta penguatan skill perlu digenjot agar kualitas SDM yang dihasilkan sesuai kebutuhan dunia usaha dan industri ke depan.

'Kebutuhan masyarakat atas pendidikan yang berkualitas, vokasional dan pengembangan skill masih kurang digaungkan di zaman pemerintahan yang lama. Sebab itu, harapan kami sebagai generasi milenial, bonus demografi ini Pak Jokowi bisa mengutamakan kualitas sumber daya manusia,' ujar politisi F-NasDem ini.

Selain pembangunan SDM, dirinya juga menyampaikan harapannya kepada Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf agar memperkuat nilai-nilai toleransi dan Pancasila sebagai fondasi SDM yang berkualitas. 'Kita berharap supaya nanti di bawah kepemimpinan pak Jokowi - Ma'ruf, toleransi dan kedamaian memperkuat NKRI,' ucap legislator dapil Sulawesi Utara itu. (ann/sf)